Bagaimana merawat Baju Anak

Merawat baju anak memang tidak bisa disamakan dengan merawat baju orang dewasa. Butuh perhatian yang ekstra agar baju yang akan dipakai nanti terasa nyaman saat menyentuh kulitnya. Selain harus bersih, bahan pencucinya pun tidak boleh sembarangan, tetapi harus bahan yang ramah untuk kulit bayi/anak yang masih sensitif. Di bawah ini ada cara dan langkah untuk membantu Anda bagaimana mencuci baju anak. Cara dan langkahnya adalah seperti berikut ini :

  1. Mencuci baju yang baru dibeli. Ketika Anda membelikan baju baru untuk anak Anda, akan lebih baik jika Anda mencucinya terlebih dahulu sebelum nantinya Anda pakaikan kepada anak Anda. Hal ini untuk menjaga agar baju lebih steril, karena saat berada di toko, Anda tidak tahu berapa lama baju tersebut dipajang di tempat tersebut.
  2. Menggunakan deterjen yang aman bagi kulit si kecil. Waspadalah jika anak mengalami alergi setelah memakai baju yang baru saja Anda cuci. Ini bisa jadi karena deterjen yang Anda gunakan untuk mencuci kurang cocok dengan kulit anak Anda. Untuk itu, pilih dan gunakanlah deterjen yang aman bagi kulit anak Anda. Hentikan pemakaian deterjen yang mengakibatkan alergi tersebut dan segeralah konsultasikan ke dokter tentang kondisi si kecil.
  3. Hindari menggunakan pemutih pakaian dan deterjen yang menggunakan pemutih. Pemutih pakaian mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit anak, bahkan dapat menyebabkan penyakit kulit. Untuk itu, hindarilah memakai pemutih dan deterjen yang menggunakan pemutih pada saat Anda mencuci baju anak Anda.
  4. Memilih pelembut pakaian yang aman. Menggunakan pelembut bisa menjadikan pakaian lebih nyaman untuk dipakai. Pilihlah pelembut pakaian yang aman untuk kulit bayi/anak Anda. Pada umumnya pada kemasan produk pelembut ini tercantum tulisan  “Aman untuk bayi/anak”.
  5. Bagi Anda yang memakai mesin cuci, untuk mengeringkan pakaian anak disarankan untuk mengatur pada temperatur yang paling rendah. Hal ini bertujuan agar baju anak Anda tidak menyusut.

Langkah mencuci:

  1. Sebelum Anda cuci, terlebih dahulu pisahkan pakaian, popok, dan celana yang hanya sekedar kotor dengan yang terdapat sisa kotoran.
  2. Dengan menggunakan air kran yang mengalir, bersihkan sisa kotoran dari buang air besar
  3. Kucek-kucek dengan menggunakan sabun untuk celana atau popok yang terkena sisa kotoran buang air besar.
  4. Rendam pakaian  di air biasa minimal selama 15 menit. Khusus untuk pakaian yang terkena noda dan susah hilang, rendamlah selama 30 menit.
  5. Bilas dan kucek pakaian anak dengan menggunakan air bersih.
  6. Dengan menggunakan deterjen yang aman, rendam lagi pakaian bayi/anak kemudian setelah itu kuceklah pakaian tersebut untukmenghilangkan noda pada pakaian.
  7. Bilas pakaian 2-3 kali dengan menggunakan air mengalir atau air di ember.
  8. Rendam pakaian dengan memberinya pelembut yang aman bagi kulit bayi/anak selama 10 menit. Kemudian keringkan dengan menggunakan pengering khusus pakaian atau bisa juga dengan menjemurnya di bawah panas sinar matahari. Kemudian simpan bajutersebut di tempat yang sejuk dan aman.

Author: 

Related Posts

No Response

Leave a Reply